8 Jul 2015

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menjadi salah satu jurusan terfavorit dalam beberapa tahun terakhir ini. Bisa di lihat dari beberapa universitas yang ada jurusan PGSD-nya, selalu di penuhi para calon mahasiswa baru. Mereka berbondong-bondong antri untuk mengisi formulir pendaftaran, dan mereka semua sama-sama memiliki keyakinan kalau akan bisa masuk di jurusan ini.

Mungkin perasaan inilah yang akan kamu rasakan saat memilih dan masuk di jurusan PGSD, apa saja itu?

Kamu Akan Merasa Senang Karena Bisa Diterima

Karena kamu sudah bisa mengalahkan ribuan orang di luaran sana dan kamu berhasil diterima menjadi salah satu mahasiswa jurusan PGSD, pastinya kamu merasa senangnya bukan main. Maklum jurusan ini peminatnya semakin tahun semakin bertambah, jadi wajar saja kalau kamu merasa senang dan beruntung.

Tidak cuma merasa senang, tetapi juga merasa bangga. Terutama di tengah-tengah keluarga besar kamu, kepercayaan diri akan meningkat. Semua keluarga kamu pasti akan saling memberikan komentarnya untuk kamu. Dari komentar kamu pasti akan sukses kedepanya sampai memberikan pujian untuk kamu, karena kamu akan menjadi seorang calon Guru.

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD
Terkadang Ada Orang yang Meremehkan Jurusan PGSD yang Kamu Pilih

Walaupun jurusan PGSD menjadi salah satu jurusan terfavorit, tetapi tetap saja ada orang-orang yang akan meremehkan kemampuan kamu. Kebanyakan dari teman-teman semasa SMA. Sebagai contoh saat kamu ditanya teman kamu.
“Kuliah dimana?”
“UKSW Salatiga”
“Ambil jurusannya apah?” *Sok imut.
“PGSD. Kenapah?” *Tidak kalah sok imutnya.
“Hahahahahah...!!!. kamu mau jadi Guru? Apa gak salah. Entar muridnya jadi apa? Kamu dulu kan sering bolos sekolah. Masa mau jadi Guru?”

Pasti kejadian seperti ini akan kamu temukan, mendadak muka imut kamu berubah. Di dalam momen inilah kamu akan berpikir jika ada benarnya juga apa yang diucapkan teman kamu. Dan kamu akan berusaha menebusnya dengan bekerja keras menjadi Guru yang baik.

Kamu Akan Kaget Menemukan Mata Kuliah Mirip Pelajaran SMA

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Mungkin kamu akan merasa kaget dengan mata kuliah yang mempelajari tentang IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Padahal kamu membayangkan sudah lepas dari pelajaran-pelajaran SMA itu, tetapi ternyata kamu akan menemukannya kembali.

Jadi nikmati saja, dan tidak perlu terlalu terheran-heran. Karena kamu memang akan dicetak menjadi Guru SD. Terlihat lucu kan kalau kamu saat menyampaikan materi kepada murid malah tidak menguasai semua mata pelajaran di atas tadi.

Setiap Kuliah Penampilan Kamu Lebih Sopan

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Dari masa kuliah, entah itu kamu sadari atau tidak. Kamu secara tidak langsung diarahkan menjadi orang yang berkarakter dengan mengunakan pakain yang sopan saat mengikuti perkuliahan. Dan berpenampilan rapi. Bagaimana mau jadi seorang Guru yang baik, yang bisa menjadi contoh muridnya jika masih punya kebiasaan memakai pakaian yang tidak seharusnya.

Tidak akan ditemukan mahasiswa PGSD yang masuk kelas berambut gondrong yang memakai kaos, dan mahasiswi PGSD yang memakai rok mini. Kebanyakan dari mereka pasti memakai pakaian berkerah, batik, dan celana kain.

Saat Masuk Semester Tua, Kamu Deg-Degan Bersiap untuk PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Inilah yang membuat kamu merasa dag-dig-dug. Kamu akan praktek ke lapangan langsung. Bukan lapangan bola, tetapi langsung di SD untuk praktek mengajar. Di sini kamu akan diuji kemampuan kamu dalam mengajar, bagaimana cara kamu menyampaikan materi, bagaimana cara kamu bisa menguasai kelas, dan tidak ketinggalan kamu akan belajar bagaimana cara membuat administrasi pembelajaran.

Di sekolah tersebut kamu akan menemukan banyak sekali karakter murid dan Guru yang beragam. Itulah tantangan berikutnya, apakah kamu bisa menghandle karakter murid yang berbeda-beda, dan apakah kamu bisa bekerja sama dengan rekan Guru di sekolah itu. Karena seorang Guru tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari Guru yang lainnya.

Setelah Wisuda, Kamu Akan Mencari SD untuk Bekerja Disana

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Di tahap ini, perjuangan kamu belum selesai. Kamu akan mencari SD untuk bekerja disana, semua pengalaman kuliah dan PPL yang kamu dapatkan akan menjadi bekal untuk bekerja di SD. Tetapi seiring berjalannya waktu kamu akan mendapatkan ilmu baru.

Karena ternyata bekerja di SD tidak hanya memberikan materi kepada murid, tetapi ada pekerjaan lain di luar kegiatan belajar mengajar. Seperti pengelolaan dana BOS, pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, mengurusi bantuan-bantuan bangunan SD, dan banyak lagi lainnya.

Itulah Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD, bisa jadi perasaan yang akan dirasakan akan berbeda-beda. Tetapi secara garis besarnya tidaklah jauh berbeda dan mungkin juga perasaan ini akan dirasakan saat kamu masuk di jurusan yang lainnya.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI