29 Feb 2016

Navy Test, Latihan Kekuatan Dan Daya Tahan Otot

Navy Test, Latihan Kekuatan Dan Daya Tahan Otot. Ada beberapa jenis latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot, selain dengan latihan beban ada juga jenis tes yang sering digunakan olek kalangan militer atau yang sering disebut dengan Navy Test. Adapaun jenis atau item tes dalam Navy Test adalah Push-Up, Sit-Up, Back-Up dan Pull-Up. Dalam tes ini seorang atlet atau anak didik diberikan semua item tersebut dengan melakukan masing-masing selama satu menit, kemudian yang dihitung adalah berapa banyak repetisi atau pengulangan dari masing-masing item. 

Berikut adalah teknik atau gerakan yang benar dan yang direkomendasikan dalam melakukan Navy Test:

Pull-Up


Untuk melakukan gerakan ini diperlukan sebuah alat yaitu tiang untuk bergantung. Dimana seorang tester harus pegangan atau menggantung terlebih dahulu dengan posisi kedua tangan berpegangan pada palang selebar bahu, kemudian setelah aba-aba mulai maka tester harus melakukan gerakan mengangkat seluruh badan dengan posisi dagu melewati palang yang untuk pegangan, kemudian turun kembali sampai posisi lengan lurus dan mengangkat kembali selama satu menit sebanyak mungkin

Push–Up

Untuk melakukan gerakan ini posisi awal adalah dari tidur telungkup dengan posisi dada menyentuh lantai, da posisi kedua telapak tangan disamping kanan kiri bahu, saat aba-aba mulai seorang tester harus mendorong seluruh badan dari mulai dada sampai kaki sampai posisi tangan lurus, kemudian turun kembali tanpa melipat/menekuk kaki, sampai posisi bahu dan siku harus sejajar atau 90 derajat, dan kembali mendorong badan keatas selama satu menit.

Sit-Up


Posisi awal untuk melakukan gerqaka ini adalah tidur telentang dengan posisi kedua tungkai dilipat, posisikan kedua lengan dibelakang kepala, saat aba-aba mulai makj seorang tester segera bangun dan mengangkat punggung dan kepala sampai posisi siku menyentuh lutut, kemudian kembali baring sampai punggung menyentuh lantai. Gerakan ini juga dilakukan selama satu menit. 

Back-Up


Rangkaian gerakan terakhir dalam melakukan tes daya tahan dan kekuatan otot dengan menggunakan sistem Navy Test adalah back-up. Untuk melakukan gerakanh ini posisi awal yang dilakukan seorang tester adalah dengan tidur tengkurap, posisikan kedua lengan dibelakang perut/pinggang, juga boleh diletakkan dibelakang leher. Setelah aba-aba mulai, maka dengan segera seorang tester mengangkat dada dari lantai dengan ketinggian kurang lebih 20 cm dan kembali keposisi awal dan dilakukan selama satu menit juga.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI