Sep 21, 2017

9 Teknik Dasar Yang Harus di Kuasai Dalam Permainan Tenis Meja

Untuk mulai bermain olahraga Tenis Meja yang sesungguhnya, seseorang memerlukan peralatan dan teknik yang tepat. Meskipun latihan terus menerus akan membuat kemajuan seseorang di kemudian hari, pada awalnya kebanyakan orang perlu mempelajari dasar-dasarnya. Ingat, jangan pernah lelah belajar teknik dasar karena tidak ada yang instan.


1. Push


Push adalah tembakan backspin dasar, digunakan untuk mengubah kecepatan pertukaran atau untuk mengembalikan tembakan yang sangat rendah dan jarak dekat seperti backspin. Tembakan yang umumnya defensif, memungkinkan penempatan di atas meja manapun  yang sulit diserang saat permainan berjalan.

Push mempunyai keistimewaan, yaitu :

  • Bola push dapat dijadikan alat yang bersifat penjagaan untuk melewati situasi transisi yang juga dapat diubah menjadi satu pukulan mendorong berupa serangan balik.
  • Bola push termasuk bola polos, dengan bola pertahanan yang mengandung arti unsur serangan balasan .
  • Pukulan push dimainkan di bagian backhand, pada umumnya untuk mewakili backhand half volley yang bersifat mencari kesempatan untuk membangun pelancaran seranganh forehand

2. Drive

Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Tipe pukulan ini keras dan cepat. Ada dua jenis drive, yaitu forehand drive and backhand drive.

Pukulan forehand drive biasanya merupakan pukulan yang paling kuat,karena tubuh kita menghalangi saat melakukan pukulan,tidak seperti backhand.Selain itu otot yang digunakan biasanya lebih maksimal daripada pukulan backhand.
Seseorang menggunakan drive untuk memaksa kesalahan lawan dan membuat anda mendapatkan angka.

Pukulan drive dalam tenis meja dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Forehand Drive
Forehand drive dilakukan dengan menggerakkan bet kedepan dan diikuti dengan gerakan perputaran tubuh hingga 30 derajad. Kesalahan yang kerap terjadi pada saat melakuka pukulan forehand drive ini adalah ketika terjadi perubahan pada posisi bet yang disebabkan oleh pergerakan dari pergelangan tangan, serta kesulitan untuk tetap fokus dan kontak dengan bola. Untuk dapat melakukan pukulan dengan teknik ini, sebaiknya pada sikap permulaan pergelangan tangan bisa dikuatkan sehingga posisi bet tidak akan mudah untuk berubah.
  • Backhand Drive
Untuk melakukan pukulan drive tipe backhand adalah dengan membentuk sudut pemain sekitar 90 derajat. Kemudian pergerakan dari bet pun sambil diikuti dengan pergerakan badan yang memutar. Saat bet sudah berada di posisi depan dan posisi badan yang agak ke kiri, usahakan untuk selalu kontak dengan bola. Lakukan latihan pukulan backhand drive ini sebanyak mungkin sehingga kesalahan-kesalahan yang sering terjadi akibat gerakan kaki dapat dihindari.

Kelebihan teknik pukulan drive dalam permainan tenis meja :

  • Mudah untuk menguasai tinggi rendahnya terbang bola. 
  • Mudah untuk mengendalikan cepat dan lambatnya lajur bola. 
  • Mudah untuk mengendalikan posisi bola pada setiap titik. 
  • Mudah untuk dikontrol oleh para pemain.

3. Chop

Tekhnik pukulan chop ini sendiri merupakan pukulan backspin, yang sifatnya sendiri bertahan. Dimana gerakan ataupun tekhnik pukulan ini sendiri hampir menyerupai gerakan dari seseorang yang ingin menebang sebuah pohon dengan menggunakan kampak. Selain itu juga teknik pukulan chop ini pun di bagi lagi menjadi 2 bagian, diantaranya yaitu
:

  • Forehand Chop
Untuk teknik pukulan chop yang pertama ada yang namanya forehand chop, dimana pukulan ini sendiri tekhnik ataupun cara untuk melakukannya sama dengan pukulan forehand, namun posisi bet dibuat agak sedikit terbuka. Selain itu juga gerakan bet kedepan dan dibuat condong ke arah bawah. Pastikan juga bahwa kontak dengan bola ini terjadi pada bagian depan kanan tubuh. Selain itu juga perkenaan bola pada bagian sisi bet depan pun dibuat agak bawah dan perkenaan bola di sisi bawah bola.
  • Backhand Chop
Selanjutnya untuk teknik chop yang kedua adalah backhand chip, dimana tekhnik ataupun pukulan ini sendiri pada posisi awalnya sama dengan backhand, namun posisi bet dibuat pada bagian sisi bagian depannya sendiri lebih condong keatas. Selain itu juga pastikan kalau kontak bola dibagian sisi net bawah dibagian depan sama dengan pada sisi bawah bola. Selain itu pastikan juga bahwa perkenaan bola di bagian kiri ini posisinya agak di depan tubuh.

4. Topspin

Yang perlu diketahui adalah kenapa bola spin digunakannya. Yang pasti adalah membantu mengontrol bola agar dapat memperkecil kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang dibuat.Hal ini diperlukan sebagai salah satu taktik dan strategi Tenis Meja moderen. Disamping itu pula jenis permukaan lapangan dapat membuat spin ini lebih efektif.

Perlu diketahui pula efek dari spin ini. Spin bisa merubah perputaran bola diudara. Dan juga  dari lajunya bola bisa merubah pantulan bola.


Dasar dari Spin itu ada dua yaitu TOPSPIN dan UNDERSPIN atau dikenal dengan pukulan slice. Untuk 


Topspin, bet berawal dari bawah dan berakhir diatas titik kontak, sehingga dibutuhkan ayunan bet dari bawah keatas. 

Sedangkan Underspin/slice bet berawal dari atas kemudian berakhir dibawah titik kontak.

Keunggulan dari topspin yaitu kontrol, membantu menurunkan bola dimana pemain dapat memukul bola lebih tinggi diatas net dengan lebih sedikit resiko bola keluar dari garis lapangan. Ini mengurangi kemungkinan pemain membuat kesalahan. Kemudian Tempo, penting untuk pemain yang memiliki pukulan keras karena bola akan melesat dengan kecepatan tinggi lebi besar kemungkinannya untuk keluar dari areal bermain lapangan. Topspin ini membantu agar bola tetapi didalam areal bermain lapangan dengan memaksa bola turun. 


Pantulan tinggi, membuat bola menukik kebawah mengenai permukaan lapangan dari sudut yang lebih terjal dan akan menghasilkan pantulan yang lebih tinggi. Begitu juga keunggulan pantulan cepat, bola Topspin bisa melesat lebih cepat dibandingkan pukulan flat atau underspin/slice . Begitu juga Timming pukulan topspin bagi pemain yang sedang maju kearah net atau sedang bermain net sangat sulit untuk mendapatkan timming yang tepat karena bola akan turun dengan cepat. 

Keuntungan lainnya, kedalaman. Lebih mudah memaksa lawan agar tetap bermain di bagian belakang lapangan dengan pukulan topspin karena pukulan ini membuat bola memantul tinggi dan sering membawa bola kearah belakang lapangan.

5. Lob


Lob adalah teknik memukul bola lambung ke arah lawan agar lawan sulit mengembalikan bola kea rah pertahanan. Loobing merupakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash. Lob yang baik pada dasarnya adalah lob yang tingginya dapat mencapai 2-4 meter atau lebih diudara.

6.Gerakan langkah Kaki (Footwork)


Footwork dalam permainan tenis meja secara umum dibedakan untuk nomer tunggal dan omor ganda. Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah otomatis digunakan dalam permainan ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork untuk tunggal dapat dibedakan satu langkah,dua langkah dan tiga langkah atau arah pergerakannya bisa kedepan, ke belakang, ke samping kiri, ke samping kanan atau diagonal.

Penggunaan gerakan kaki disesuaikan dengan jarak yang harus diantisipast antara bola yang datang dengan posisi pemain. Jika jaraknya sangat dekat, mungkin tidak usah melangkahkan kaki atau hanya satu langkah saja. Jika jarak antara bola yang datang dengan posisi pemain agak jauh, dengan dua langkah sudah cukup. Akan tetapi, jika jaraknya cukup jauh dari meja, harus dicapai dengan tiga langkah atau lebih.

Footwork One Step (Gerakan Kaki Satu Langkah)

  • Sikap siap dengan square stance bagi pemain kombinasi.
  • Sikap siap dengan side stance bagi pemain yang mengutamakan forehand.
  • Sikap siap dengan side stnce bagi pemain yang mengutamakan backhand.
  • Gerakan kaki kanan satu langkah kesamping belakang kanan dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki satu langkah ke samping belakang kiri dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki kanan satu langkah ke samping depan kanan dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki kiri satu langkah kesamping depan kiri dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki kanan satu langkah ke samping kanan depan dari sikap siap menyamping forehand.
  • Gerakan kaki kanan satu langkah ke samping kiri dari sikap siap menyamping beckhand.
Footwork Two Step (Gerakan Kaki Dua Langkah )
  • Gerakan kaki dua langkah ke samping kanan depan dan sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki dua langkah ke sampingkiri depan dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja.
  • Gerakan kaki dua langkah kesamping belakang kanan dari sikap badan menghadap penuh kemeja.
  • Gerakan kaki dua langkah ke samping belakang kiri dari sikap siap badan menghadap penu kemeja.
  • Gerakan kaki dua langkah ke samping kanan depan dari sikap siap badan menyamping forehand.Gerakan kaki dua langkah ke samping kanan belakang dari sikap menyamping forehand.
  • Gerakan kaki dua langkah kesamping kiri dari sikap siap menyamping backhand.
  • Gerakan kaki dua langkah kesamping belakang kiri dari sikap siap menyamping backhand.
Footwork Three Step (Gerakan Kaki Tiga Langkah )
  • Gerakan kaki tiga langkah kesampingkiri dari sikap siap menyamping forehand ke sikap menyamping beckhand.
  • Gerakan kaki tiga langkah kesamping kanan dari sikap siap menyamping backhand ke sikap menyamping forehand.
  • Gerakan kaki tiga langkah ke samping belakang kiri dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja ke sikap siap menyamping backhand.
  • Gerakan kaki tiga langkah ke samping belakang kanan dari sikap siap badan menghadap penuh ke meja ke sikap siap menyamping forehand.

7 .Pegangan Bet atau Grip


Untuk Pegangan bet dalam permainan tenis meja ada 3 macam yaitu : Shakehands grip,Penholder grip dan Seemiller Grip.

  • Shakehand Grip
Shakehand grip berasal dari 2 kata yaitu, "shakehand" yang berarti berjabat tangan atau tangan bersalaman dan "grip" yang berarti pegangan.

Shakehand grip merupakan salah satu teknik memegang bet yang sangat umum dan rata-rata pemain tenis meja menggunakan teknik ini, hampir semua pemain Eropa dan kira-kira dua pertiga dari Asia pemainmenggunakan pegangan ini. Pemain-pemain internasional banyak yang memakai teknik ini, contohnya: Ma Long, Zhang Jike, Timo Boll,dll.


Cara memegang bet dengan cara shakehand grip
  • Tangan memegang bet seperti ingin berjabat tangan.
  • Jari telunjuk diluruskan dan diletakan di atas karet bagian samping bet/pinggiran bet.
  • Jari-jari lainnya menggenggam bet.
Shakehand Grip Backhan
Shakehand Grip Backhan

Shakehand Grip Forehand
Shakehand Grip Forehand


  • Penholder Grip
Penhold grip berasal dari 2 kata yaitu, "penhold" yang berarti memegang pena dan grip pegangan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penhold grip itu berarti teknik memegang bet seperti memegang pena.

Gaya Penhold merupakan teknik yang dipakai beberapa pemain tenis meja. Teknik ini juga dipakai beberapa pemain internasional contohnya: Ma Lin, Xu Xin, dll.
Penhold grip ini pada umumnya memiliki kelemahan yaitu pada sisi backhand. Kelemahan ini membuatnyajauh lebih sulit untuk pemain penhold pemula yang belum terbiasa daripada pemain dengan gaya shakehand.

Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi pemain tipe penhold, dengan gaya permainan ini beberapa pemain tipe penhold telah memenangkan kejuaraan dunia, Piala Dunia dan Olimpiade secara teratur,karena kelemahan backhand dapat ditutupi memadai dengan footwork/gerakan kaki yang sangat baik, ataudilengkapi dengan cara gerakan tangan yang cepat mengejar bola.

Pada umumnya pemain tipe ini hanya menggunakan satu sisi karet yang menggunakan sisi forehand saja dan tidak menggunakan sisi backhand.

Akan tetapi setelah berkembangnya tenis meja beberapa pemain penhold telah menggunakan dua sisi karet. Salah satu pemain penhold yang menggunakan dua sisi yaitu Xu Xin, walaupun penhold Xu Xin telah membuktikan bahwa pemain penhold sekalipun dapat melakukan backhand.

Cara memegang bet dengan cara penhold grip :
  • Bentuk O dengan menggunakan jari telunjuk dan jempo tangan.
  • Jepit bet menggunakan 2 jari tadi.
  • Jari-jari lainnya ditekuk senyaman mungkin.

Penholder Grip
Penholder Grip
  • Seemiller Grip
Seemiller Grip berasal dari 2 kata, yaitu "seemiller" yang berartikan nama dari pencipta teknik ini dan "grip" yang berarti pegangang.

Teknik ini dibuat terkenal oleh Dan Seemiller, juara Amerika. Pegangan ini adalah variasi dari cengkeramanberjabat, tetapi mirip pegangan Barat yang digunakan oleh banyak pemain tenis.

Dalam cengkeraman Seemiller, ujung jari telunjuk ditempatkan sehingga mencapai dekat tepi bet (atau,dalam kasus lain Amerika juara, Eric Boggan, benar-benar membungkus/memegang di sekitar tepi bet). Hal ini memungkinkan pemain tipe Seemiller grip ini untuk mendapatkan sentakan luar biasa pada strokeforehand mereka. 

Cara memegang bet dengan cara Seemiller grip:

  • Ujung jari telunjuk ditempatkan di dekat tepi bet.
  • Jari lainnya menggenggam bet sama seperti shakehand grip.

Seemiller Grip
Seemiller Grip

8. Sikap dasar

Dalam prmainan tenis meja sikap dasar ada 3 macam yaitu square stance,side stance dan Open stance.Dibawah ini adalah penjelsannya :
  • Square Stance
Square Stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja biasanya posisi ini digunakan dalam menerima servis dari lawan atau posisi siap kembali setelah menenrima pukulan dari lawan.
  • Side Stance
Side Stance adalah posisi badan menyamping baik kesamping kanan maupun kesamping kiri.Pada side stance jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang ebih dekat.
  • Open Stance
Open Stance adalah modifikasi dari side stance.Stance ini hanya digunakan untuk backhand block,kaki kiri agak tebuka keluar dan agak ke depan (untuk pemain tangan kanan)

9. Servis

Dalam permainan tenis meja servis dibagi menjadi 2 bagian yaitu servis backhand dan servis forehand.

Macam-Macam Service
  • Teknik Servis Forehand Topspin
Untuk melakukan forehand topspin pemaian berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dan ada sebelah kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Lambungkan bola setinggi 16 cm, lalu pukul dengan bet dengan pantulan yang tidak melebihi net.
  • Teknik Servis Backhand Topspin
Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri.
Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Bola dilambungkan setinggi 16 cm, pukul dengan bet dengan ketinggian yang normal sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi

  • Teknik Servis Backhand Backspin
Posisi pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Sementara telapak tangan kiri memegang bola. Lalu lambungkan bola setinggi16 cm kemudian pukul dengan bet, usahakan tidak terlalu tinggi agar bola tidak melambung tinggi saat memantul di daerah lawan.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI