30 Mar 2016

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Banyak hal yang akan kamu lakukan demi lulus Ujian Nasional dan mendapatkan nilai tinggi. Bahkan kamu sampai menghalalkan segala cara dan upaya. Terkadang murid yang pintar bisa saja tidak lulus karena tidak kuat dengan tekanan yang di rasakan di dalam ruang ujian. Memang di saat ujian kecerdasan harus dibarengi dengan mental yang kuat agar saat mengerjakan soal ujian tetap merasa percaya diri. 


Persiapkan Diri Kamu Sebelum Ujian

Persiapan ini meliputi banyak hal, seperti belajar lebih keras lagi, jangan lupa berdo’a, dan mengikuti bimbingan belajar. Persiapan fisik dan mental juga sangat penting, karena menghadapi ujian ada faktor “luck” yang ikut menentukan hasil akhir.

Persiapkan Diri Kamu Saat Di dalam Ruang Ujian

Saat memasuki ruang ujian, kamu tidak perlu melepas sepatu. Karena kamu tidak sedang memasuki masjid. Biasanya ini terjadi karena saking tegangnya. Santai saja, jangan kamu anggap situasi ini sama tegangnya seperti saat kamu ingin nembak gebetan. Iya gebetan teman sendiri yang siap kamu tikung dari belakang.

Sok Akrab Dengan Pengawas Ujian

Lepaskan suasana tegang yang ada di dalam diri kamu dengan sok akrab dengan pengawas ujian. Jika ada kesempatan, ajaklah pengawas ujian tersebut untuk ngobrol dari hati ke hati.

“Bayangkan Pak, jika anak Bapak di posisi kami. Di dalam ruang yang luas tapi terasa sempit, ruang yang ramai tapi terasa sepi. Dengan di awasi tatapan mata sinis dan bengis. Demi sesuap nilai, apakah Bapak tega melihat anak Bapak menderita seperti itu?”

Semoga dengan obrolan ringan bisa sedikit membantu kamu dari pengawas yang terlalu ketat.

Mengalihkan Perhatian Pengawas

Kamu bisa mengalihkan perhatian pengawas dengan cara sedikit menggodanya.

“Lihat Pak, ada orang jalan pakai kaki!”

“Suami Ibu godain ibu kantin di belakang!”

“Tolong Pak, ketek saya banyak ditumbuhi gulma!”

Saat konsentrasi pengawas mulai pecah, dengan cepat kamu bisa minta contekan jawaban soal dari teman yang kamu anggap sulit. Cara ini bisa dilakukan dengan persiapan matang. Jika tidak ada persiapan, disarankan jangan lakukan cara ini.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI