Apr 19, 2015

Tips Mencari Rumah Kontrakan

Akhirnya saya dan istri sekarang sudah resmi pindah. Setelah istri menerima SK CPNS-nya, kami memutuskan untuk mencari rumah kontrakan. Sementara ini kami mengkontrak rumah di daerah sekitar Kabupaten Jepara. Tepatnya di perumahan Mayong Raya Indah. Sempet kuatir juga gara-gara seharian muter-muter nyari rumah kontrakan nggak dapet-dapet. Inilah dunia nyata, nggak mungkin mau membandingkannya kayak Spongebob. Beli buah nanas satu biji udah jadi tempat tinggal. Atau yang paling ekstrim buka leptop, konek internet, download rumah seisinya plus mobil di depan garasi.

Nyari rumah kontrakan emang nggak semudah kayak kita kentut. Karena harus penuh kehati-hatian dan banyak pertimbangan. Walaupun terkadang, kentut butuh kehati-hatian dan banyak pertimbangan juga.

Dengan semangat Kartini yang menggebu-gebu, kami berdua muter-muter komplek perumahan. Dan akhirnya kami bertemu seorang bapak-bapak setengah buaya. Maaf maksudnya setengah baya. Kami bertanya kepada bapak-bapak tersebut, mengkorek semua informasi yang beliau tahu. Apakah di komplek perumahan ini ada rumah yang di kontrakan.

Mata beliau langsung melihat saya. Beliau memperhatikan saya, dari ujuang kaki saya yang penuh kutu air sampai ujung kepala saya yang penuh kutu berasnya. Kemungkinan besar beliau merasa iba. Bukan iba karena melihat keadaan saya yang mengenaskan, tetapi karena iba melihat perut istri saya yang besar.

Beliau memberikan informasi yang sangat berguna untuk kami, dan yang lebih membuat kami merasa “wow”. Beliau mengantarkan kami ke tempat kontrakannya, belum sempet mengucapkan terimakasih. Beliau udah pergi. Seakan-akan kayak pahlawan misterius yang bikin orang yang ditolongnya bertanya-tanya “Makhluk apa tadi yang menyelamatkan kita?”
Dan pahlawan itu udah hilang terbang mengendarai naga ala sinetron di Indosiar.

Dari pengalaman pribadi kami di atas saat mencari rumah kontrakan, kami akan sedikit berbagi tips buat kamu yang mungkin juga ingin mencari rumah kontrakan. Ini dia tips mencari rumah kontrakan yang harus kamu pertimbangkan :

Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah Kontrakan

Lingkungan yang nyaman akan membuat kamu akan merasa aman. Keamanan yang yang selalu kondusif membuat kamu tenang setiap meninggalkan rumah kontrakan. Nggak perlu merasa was-was yang berlebihan. Pasti semua akan setuju kalau lingkungan yang amanlah yang kamu semua harapkan.

Cek Fasilitas Rumah Kontrakan Yang Ditawarkan

Nggak perlu malu menanyakan fasilitas yang ada di rumah kontrakan kepada yang punya rumah. Menurut saya si yang paling penting adalah masalah listrik dan air. Karena listrik dan air akan selalu kamu gunakan setiap hari. Dan langsung saja di cek apakah ada masalah pada listrik dan airnya.

Sesuaikan Harga Dengan Fasilitas Rumah Kontrakan

Sesuaikanlah harga dengan fasilitas yang ditawarkan. Jika harga kontrakan mahal tetapi fasilitas yang ditawarkan nggak sebanding mending kamu nyari rumah kontrakan yang baru aja. Kamu pastinya nggak mau bayar mahal untuk rumah kontrakan yang fasilitasnya nggak banget kan...

Tempat Yang Strategis

Rumah kontrakan bisa diakses dari manapun akan menjadi salah satu hal terpenting. Dekat dengan tempat-tempat umum, tempat kerja, dan masuknya transportasi umum akan mempermudah kamu untuk mengakses tempat-tempat yang akan kamu tuju. Jadi kamu nggak perlu susah-susah lewat jalan tikus untuk keluar rumah kontrakan.

Kenali Lebih Dekat Yang Punya Rumah Kontrakan

Dengan mengenal si empunya rumah, kamu akan lebih enak dan nggak ngerasa canggung. Siapa tahu uang kontrakkan bisa turun di tahun berikutnya. Paling nggak kamu tahu watak si empunya rumah.

Nah itu dia beberapa tips dari kami dalam mencari rumah kontrakan. Siapa tahu bermanfaat buat kamu.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI