May 15, 2015

Tempat Aman Untuk Menyimpan Contekan

Anak sekolah jaman sekarang benar-benar udah cerdas dan bisa dibilang “kompor gas”. Kecerdasan ini entah di dapat di sekolah atau mereka semua memang beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Kecerdasan yang saya maksud adalah kecerdasan mereka saat menyimpan contekan saat ujian berlangsung. Mungkin karena adanya kesempatan, mereka sangat leluasa dan santai saja melakukan kecurangan ini.

Nah, dari pengalaman saya saat menjadi pengawas ujian, saya menjadi banyak tahu Tempat Aman Untuk Menyimpan Contekan. Ini dia tempat-tempatnya :

Kaos Kaki

Nggak peduli bau yang akan dihasilkan dari kertas contekan yang disimpan di dalam kaos kaki, yang penting aman dan nggak ketahuan pengawas ujian. Cukup dengan melipat kertas contekan dan memasukkannya ke dalam kaos kaki. Simpel tapi kalau kelamaan nggak di ambil kertas akan lembab dan baunya pasti akan bisa membunuh seisi ruangan ujian. Murid yang punya bau kaki bangkai tidak di sarankan untuk mencobanya. Dan yang lebih ekstrim kalau kertas contekan itu lembap dan basah, bisa-bisa menjadi bubur kertas daur ulang.

Di Tulis di Paha

Untuk murid yang di anugrahi batangan singkong nggak mungkin kalau menyimpan contekan di dalam salah satu anggota bagian tubuh ini. Karena celana yang mereka pakai akan jadi kendala tersendiri. Kecuali murid cewek. Tapi nggak semua murid cewek  mau melakukan cara ini, banyak hal yang mereka pertimbangkan untuk melakukannya. Walaupun aman dan pengawas juga akan sungkan untuk ngecek secara langsung.

Taruh di Dalam Pulpen

Setiap masuk ruang ujian yang boleh di bawa hanyalah alat tulis. Saya nggak tahu apa yang di pikirkan murid ini ketika mereka punya ide naruh contekan di dalam pulpen. Entah mereka terlajur cerdas atau ide itu datang karena udah benar-benar kepepet. Bisa di bayangkan kalau ada murid bawa 5 buah bulpen, dan di dalamnya ada contekannya semua. 5 buah bulpen itu udah bisa memenuhi stok materi yang di ujikan.

Di Tulis di Telapak Tangan

Telapak tangan yang nggak terlalu lebar juga jadi tempat contekan favorit bagi murid-murid, tapi kalau mereka jeli. Mereka akan menulis contekan dengan gaya cita rasa seni yang tinggi. Contohnya, mereka bisa menulisnya dengan memodifikasi tulisan agar terkamuflase mirip lukisan henna. Jadi siapa yang menyangka, ternyata tangan yang penuh dengan lukisan henna adalah materi contekan.


Hmmm... gimana?
Itulah beberapa Tempat Aman Untuk Menyimpan Contekan. Mungkin kamu yang pernah melakukan hal ini mau nambahinnya. Siapa tahu kamu punya tempat aman lain yang jadi favorit? Tapi awas, pengawas ujian yang udah banyak pengalamannya pasti akan tahu kalau kamu nyontek. Baca juga : Ciri-Ciri Murid Sedang Mencontek Saat Ujian

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI