Oct 20, 2017

Perlengkapan Permainan Softball

Dalam konteks kecabangan olahraga formal permainan softball merupakan cabang olahraga beregu yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, putra putri, anak anak maupun orang dewasa. Permainan ini diciptakan oleh George Hancoc pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago.

Sampai tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap sebagai olahraga kaum wanita, setelah Asean Games Bangkok barulah kaum pria bermain softball permainan softball pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya.


Jumlah pemain tiap regu yang sedang bertanding 9 orang, lama permainan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning, regu pemukul berganti menjadi regu penjaga setelah 3 kali bola mati. Permainan softball dalam permainan bola kecil melalui permainan softball merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak.

Pada tahun 1906 olahraga softball mulai dibuat peraturan pertandingannya oleh Lewis Robert, kemudian peraturan tersebut diperbaiki oleh Mathew pada tahun 1916. Untuk memainkan olahraga softball dibutuhkan beberapa perlengkapan permainan. Berikut adalah perlengkapan yang digunakan pada saat bermain olahraga softball : 

1. Lapangan Permainan Softball 


Lapangan Permainan Softball



Lapangan permainan softball berbentuk bujur sangkar dengan ukuran panjang 60 ft atau 18,30 m. Lapangan untuk putra dan putri bentuknya sama, bedanya hanya pada jarak pitcher plate ke home base , untuk putra 46 ft (14,03 m) untuk putri 40 ft (12,2 m).

2. Home Plate 



Home Plate

Berbentuk segi lima dan terbuat dari karet.

3. Base atau Tempat Hinggap 

Base atau Tempat Hinggap

Base ke 1 ke 2 dan ke 3 berbentuk bujur sangkar dan terbuat dari karet.

4. Sarung tangan ( glove ) 

Sarung tangan ( glove )

Terbuat dari kulit dipakai oleh pemain penjaga. Semua pemain lapangan memakai glove , glove terbagi menjadi tiga macam.
  1. Finger glove : glove yang dipakai semua  pemain lapangan 
  2. Catcher glove : glove yang dipakai oleh catcher 
  3. First base mills : glove yang dipakai penjaga base  pertama 

5. Bola 



Bola

Terbuat dari kulit, di dalamnya campuran gabus dan karet. Softball menggunakan bola berwarna kuningdengan benag grip berwarna merah ,yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih.

6. Stick /alat pemukul 



Stick /alat pemukul



Terbuat dari kayu atau bahan lain yang yang diperkenankan seperti aluminium, plastik, karbon, fiber glass.


7.  Pakaian

  • Untuk wasit berwarna biru laut dan celana biru tua. 
  • Untuk pemain celana panjang dan kaus dengan dilengkapi nomor dada dan nomor punggung. 
  • Masker pelindung harus digunakan catcher sewaktu pitcher melemparkan bola kepada batter . 
  • Body protektor dipakai terutama oleh catcher wanita dan pria tidak memakainya.

8. Sepatu Pool (Cleats)

Semua pemain wajib mengenakan sepatu. Sepatu yang dianggap sah adalah terbuat dari kanvas,kulit halus dan sejenisnya. Solnya boleh rata atau berpahat dari karet. Sol logam dan plat tumit juga boleh dipergunakan, asal paku yang menonjol tidak lebih panjang dari 2 cm (1/4 inci). Sepatu yang diberi metal spike disekelilingnya dianggap tidak sah, karena bisa saja membahayakan keselamatan dirinya dan pemain lainnya.

Demikianlah perlengkapan dan peralatan yang digunakan dalam permainan softball. Sarana dan prasarana diatas wajib anda penuhi pada saat pertandingan resmi softball. Dengan peralatan diatas paling tidak anda lebih aman dari ancaman cidera.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI