Sep 21, 2017

Tip Merawat Karet Bet Tenis Meja Agar Tetap Awet

Harga bet tenis meja tidaklah murah, jadi masuk akal jika anda mengambil langkah untuk melindungi bet anda agar tetap awet. Tapi ada kalanya, blade kesayangan anda rusak, kayunya terkelupas dan karet menjadi keras.


Karet pada bet tenis meja terdiri dari dua jenis yaitu karet alami dan sintetis. Kedua jenis karet tersebut dibuat atau dibentuk melalui serangkaian proses, baik fisik maupun kimia. Proses kimia diantaranya adalah pewarnaan, pemanasan, pemompaan suatu gas, dan penambahan filler atau pengisi untuk penguat karet sehingga memiliki kemampuan pakai atau fungsi tertentu.

Karena pengaruh-pengaruh proses tersebut maka terdapat beberapa kondisi yang dapat merubah atau menurunkan sifat karet bet tenis meja, dengan kata lain menurunkan kualitasnya. Kondisi tersebut diantaranya kelembaban, suhu, atau cairan tertentu. 


Sebelum blade dipasangi karet, baiknya dilapisi duli dengan protective coating. Agar kayu terhindar dari splinter ketika nanti mengganti karet. Protective coating ini juga menjaga ketahanan kayu blade kita.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat karet bet tenis meja agar tetap awet atau tahan lama.

Tip Merawat Karet Bet Tenis Meja Agar Tetap Awet

Jangan Menyimpan Bet di Tempat yang Lembab


Karena kebanyakan bet bahan utamanya terbuat dari kayu dan karet, baiknya bet jangan disimpan di tempat yang terlalu lembab. Simpanlah bet di tempat yang kering. Kondisi lembab  dapat mengoksidasi karet bet tenis meja milik anda, bahkan bisa merubah bentuk permukaan karet.

Bersihkan Bet Setelah Selesai Main

Biasakan untuk membersihkan bet setiap selesai bermain. Cara membersihkan bisa menggunakan cairan pembersih. Oleskan secara merata ke permukaan bet, kemudian lap sampai kering. Kemudian keringkan pada suhu ruangan yang kering. Hindarkan juga karet dari noda-noda seperti minyak dan debu yang menempel di karet tenis meja anda. Noda-noda tersebut dapat menurunkan atau “mematikan” sifat spin pada karet sehingga jurus bola spin tidak begitu ampuh.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Terkena sinar matahari secara langsung pada bet tenis meja dalam waktu yang lama dapat merusak unsur-unsur atau merubah dari sifat karet tenis meja anda.Oleh karena itu hindarkan karet bet dari sinar matahari dan suhu yang tinggi.

Demikina beberapa tips merawat bet agar lebih awet, meski cara-cara di atas tetap dilakukan dengan disiplin tapi tetap saja dalam waktu tertentu atau beberapa tahun kemudian, semua jenis karet bet tenis meja (baik alami maupun sintetis) tetap akan mengalami penurunan kualitas.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI