Sep 1, 2015

Tips Nonton Bola Di Stadion

Pas jaman kuliah di Solo, saya termasuk penggemar berat kesebelasan Persis Solo. Sampai-sampai kuliah jadi nomor dua dan nonton pertandingan di stdioan Manahan wajib dinomor satukan. Setiap Persis Solo main saya pasti menyempatkan waktu datang ke stadion untuk nonton langsung pertandingannya. Tapi saya adalah suporter yang labil, saat udah lulus kuliah saya memutuskan untuk pensiun dari dunia persuporteran. Sekarang saya menjadi suporter di depan TV, walaupun nonton di depan TV sensaisanya akan terasa beda banget.

Saya pensiun dari dunia persuporteran karena saya dihadapkan dengan dua pilihan.
“Pilih aku apa nonton bola?” Kata-kata ini keluar dari mulut mantan pacar yang sekarang  menjadi istri saya.
Ya... perempuan memang nggak bisa ditebak. Nggak punya otot kuli tapi punya kata-kata pilihan yang bisa membuat saya mati kutu didepan dia. Mungkin buat orang yang banyak kutu rambut nggak perlu susah payah beli Peditox, cukup nyari perempuan yang omongannya pedes. Udah beres. Kutunya pasti mati semua.

Dari asam garam yang sudah saya rasakan selama ini, saya akan berbagi tips nonton bola di stadion. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke stadion.


1. Tahu Jadwal

Sebagai suporter yang nggak berani mati untuk pacar kesayangannya. Ralat. Maksudnya nggak berani mati untuk klub kesayangannya, harus tahu jadwal pertandingan. Karena kebanyakan klub sepak bola di Indonesia tidak mempunyai stadion sendiri. Tahu sendiri kan, Persija aja udah beberapa kali pakai stadion Manahan untuk home base mereka.
Nggak mau nyasar kan, udah siap-siap dari siang hari. Dibela-belain bohongin pacar bilang kalau nganter kakek sunat. Masuk Stadion Gelora Bung Karno malah cuma nonton bangku stadion yang kosong.

2. Punya Tiket

Sistem penjualan tiket Liga Indonesia masih semrawut, dateng langsung ke loket pasti antrinya panjang banget. Panjangnya mungkin bisa sama kayak antrian mobil plat B yang masuk ke kota Bogor tiap hari libur.
Disinilah para calo tiket biasanya menawarkan jasa. Ingat jasa yang ditawarkan calo tiket nggak murah lho...
Saya sarankan datang lebih awal untuk membeli tiket yang dijual di loket stadion, walaupun cara ini agak basi. Karena banyak suporter yang juga punya pikiran yang sama. Ya... anggap aja inilah salah satu sensasi kalau mau nontong langsung di Stadion.

3. Bawa Bekal

Di dalam Stadion biasanya harga makanan dan minuman bisa berlipat-lipat dengan harga normal. Bawa bekal minuman satu botol air mineral dan beberapa cemilan juga udah cukup.

4. Tidak Membawa Barang Berbahaya

Membawa pacar yang nggak ngerti masalah bola juga termasuk dalam barang bahaya. Setiap momen yang terjadi diatas ruput hijau nggak akan ada replynya, karena banyak stadion yang nggak punya semacem layar TV buat tayangan ulang. Kalau pacar sibuk nanyain ini-itu fokus kita pasti akan teralihkan. Suporter lain lompat-lompat kegirangan gara-gara bola masuk gawang dan kamu cuma tengok kanan-kiri merenungi nasib yang begitu menyedihkan.

5. Pakai Jersey

Jersey sangat penting bagi suporter. Tapi juga jangan sampai salah pakai jersey, masuk ke Stadion Si Jalak Harupat pakai jersey Persija.
Nggak mau kan jadi bulan-bulanan suporter lawan.

6. Pilih Tribun

Selain jangan sampai salah pakai jersey, milih tribun juga jangan sampai salah. Saya sendiri juga pernah mengalami hal kayak gini saat pertandingan Persis Solo melawan PSIS. Ini diakibatkan karena kelabilan saya, dukung PSIS tapi duduk di tribun penonton yang dipenuhi suporter Persis Solo.
Saya cuma bisa duduk diem kayak arca yang kehilangan jati diri.

Udah segitu aja. Itu adalah beberapa tips nonton bola di stadion dari saya, mungkin temen-temen ada yang mau nambahin tips dari saya ini. Silahkan berbagi di kotak komentar.

Artikel Terkait