2 Agt 2015

Manfaat ASI Bagi Bunda dan Si Kecil

ASI (Air Susu Ibu) memiliki banyak manfaat. Selain menyehatkan ternyata ASI juga memiliki manfaat lain terlebih bagi kesehatan bunda dan si kecil. Mungkin banyak  bunda yang sudah mengetahui manfaat ASI, namun sepertinya tidak sedikit pula diantaranya bunda yang masih kurang menyadari pentingnya ASI sehingga seringkali memilih susu formula sebagai alternatif untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Berikut akan kami rangkum manfaat ASI.


ASI Tidak Butuh Biaya

Jika bunda memilih susu formula sebagai alternatif untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, bunda harus bersiap ketika si kecil semakin tumbuh besar dan kebutuhan gizinya bertambah maka tidak sedikit pula uang yang harus dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil diantaranya untuk membeli susu formula. Namun lain halnya jika bunda memilih untuk tetap memberikan ASI. Karena ASI itu gratis, bunda bisa berhemat untuk kebutuhan si kecil lainnya.

ASI itu praktis

ASI selalu tersedia bagi si kecil dimanapun dan kapanpun si kecil membutuhkan. Sifat ASI yang praktis menjadikan bunda tidak perlu repot lagi mempersiapkan perlengkapan minum si kecil seperti botol susu, termos air panas, dan sebagainya ketika akan bepergian. Karena ASI bisa diberikan secara langsung. Selain itu, bagi bunda yang bekerja ASI juga bisa tetap diberikan meskipun tidak secara langsung. Karena ASI bisa bertahan lama jika disimpan dengan benar. Bunda hanya perlu memeras ASI dan menyimpannya dalam lemari pendingin. Kemudian ketika si kecil membutuhkan, ASI bisa dipanaskan kembali dengan cara merendam botol penyimpan ASI dalam air hangat. Tapi ingat ya bunda, jangan memanaskan ASI dalam air yang mendidih atau merebusnya karena hal ini dapat merusak kandungan ASI.

ASI Mengoptimalkan Pertumbuhan Fisik dan Otak Si Kecil

Pemberian ASI eksklusif dapat menunjang pertumbuhan fisik dan otak si kecil karena ASI mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Anak yang diberi ASI akan tumbuh lebih baik dibandingkan dengan anak yang diberi susu formula. Kecenderungan anak yang diberi susu formula mengalami kegemukan karena kandungan glukosa yang berlebih pada susu formula.

ASI Untuk Kekebalan Tubuh Si Kecil

Pasca melahirkan, begitu ASI keluar segera lakukan inisiasi menyusu dini. ASI yang keluar pertama berwarna kekuningan (kolostrum) mengandung zat kekebalan tubuh yang baik untuk ketahanan tubuh si kecil. Pemberian ASI secara eksklusif dapat mengurangi resiko si kecil terkena infeksi, alergi, gangguan pencernaan seperti diare, sembelit dan sebagainya.

ASI Baik Untuk Kesehatan Bunda

Pemberian ASI pasca melahirkan dapat mencegah terjadinya pendarahan pada saat nifas. Selain itu, bunda yang menyusui beresiko lebih rendah terkena kanker payudara, kolesterol, penyakit jantung, rematik, diabetes, dan penyakit lainnya.

ASI Menjalin Kasih Sayang Bunda dan Si Kecil

Pemberian ASI secara eksklusif dapat memperkuat ikatan batin antara bunda dengan si kecil karena adanya kontak fisik saat menyusui. Si kecil akan memperoleh kehangatan dan merasa nyaman ketika meringkuk di tubuh bunda.

Agar bunda tetap bisa menyusui si kecil secara ekslusif, jaga pola makan yang teratur serta hindari minuman maupun  makanan yang berbahaya untuk kesehatan bunda. Selain makanan, bunda yang menyusui juga tidak boleh stress atau terlalu lelah karena hal ini dapat mengganggu produksi ASI. Ingat untuk selalu mengutamakan yang terbaik untuk si kecil. Karena jelas ASI adalah pilihan yang paling tepat bagi si kecil.

Written by Liana Suci Lestari

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI