Feb 18, 2015

Manfaat Guru Yang Mempunyai Blog

Sebetulnya banyak sekali manfaat yang saya dapatkan selama menjadi seorang blogger. Dan manfaat itu bisa benar-benar saya rasakan saat ini. Akhir-akhir ini banyak sekali di gembar-gemborkan seorang guru harus melek tekhnologi, gak hanya bisa buka tutup leptop, dan harus bisa mengoprasikan komputer.

Setiap membuka suatu rapat, Pengawas Sekolah dan Kepala Dinas selalu menyinggung masalah ini. Biasanya yang peka langsung nyari tempat kursus komputer, cuma ada juga yang gak peduli tentang masalah melek tekhnologi. Mereka berpikir kalau udah tua, males belajar komputer.

Umur dijadikan alasan males untuk belajar, melihat komputer atau leptop keinget muka istri. Asem, keriput, dan gak sekenceng dulu lagi. Gak ada semangatnya, ngelihat aja males apalagi disuruh ngelus keyboardnya. Mereka aja yang kurang tahu kalau internet bisa nyari gambar muka yang gak keriput dan kulit yang masing kenceng.

Nah... biar gak dibilang guru cupu dan gak melek tekhnologi, ada baiknya seorang guru punya blog. Karena kita akan mendapatkan manfaat dari sebuah blog itu sendiri. Apa saja itu?

BLOG BISA MENJADI BUKTI PROFESIONALITAS 
 
Manfaat Guru Yang Mempunyai Blog

Dalam rangka peningkatan mutu seorang pendidik di Indonesia, salah satunya menguasai IT. Lihat saja kalau guru punya blog, mereka bisa menuliskan kegiatan apa saja yang mereka lakukan di sekolah. Dari kegiatan pembelajaran, lomba yang diikuti, inovasi-inovasi sekolah untuk menarik minat siswa untuk belajar, dll.

Bila seorang guru punya blog, bisa dibilang mereka ini sedikit satu langkah lebih maju dari yang lain dalam bidang pemanfaatan tekhnologi.

Entah blog itu hanya berisi tulisan pribadi atau berisi untuk media pembelajaran

BLOG MELATIH KETELITIAN

Blogger sama dengan penulis. Menulis sesuatu harus teliti. Dengan sering menulis seorang guru yang mempunyai blog akan merasa terlatih ketelitiannya. Menyusun kata demi kata, paragraf demi paragraf. Karena keterbiasaan menulis itulah ketelitian seorang guru juga akan meningkat.

Karena biasanya sebelum menulis akan mencari referensi, agar tulisan yang dihasilkan berguna bagi pengunjung blog itu. Dan sebelum di publish akan dibaca sendiri berulang-ulang untuk mengecek keurangan tulisan itu sendiri. Jangan sampai udah di publish besok paginya dibakar sama pembacanya. Itu bukti kalau ketelitian kita juga diuji.

Siapa tahu dengan terbiasa menulis bisa nerbitin buku kayak temen saya yang satu ini. Dia seorang guru, penulis di blog dan udah nerbitin buku juga. Walaupun kalau dilihat dari mukanya yang standar untuk seorang guru, tapi gak diragukan lagi kemampuan dia mengolah kata di blog pribadinya.

BLOG BANYAK MENGENAL DAN BANYAK DIKENAL

“Kamu blogger?”

“Iya.”

“Alamat blognya yang mana si?”

“-_-“ *Nelen modem. Padahal udah ke pe dean berharap dia tahu alamat blog kita.

Sesama blogger terbiasa dengan yang namanya saling BW (blog walking), dengan BW seorang blogger akan banyak mengenal blogger lain. Mereka bisa berasal dari mana saja dan dari latar belakang yang berbeda-beda. Jadi secara tidak langsung akan mengenal dan dikenal sesama blogger. Walaupun terkadang mereka belum pernah ketemu secara langsung.

Dengan begitu pergaulan kita semakin luas, menemukan banyak teman baru dari berbagai profesi juga.

BLOG BISA MEMBANTU ORANG LAIN

Menurut saya, gak ada tulisan yang gak berguna, semua tulisan diblog yang ditulis seorang blogger semuanya berguna. Tinggal si pembaca bisa menarik kesimpulan sebuah tulisan itu atau gak. Walaupun tulisan itu berupa curahan hati pribadi penulisnya, tapi bisa diambil hikmah dan sisi positif dari tulisan tersebut.

Pembaca akan merasa terbantu dengan tulisan yang sudah di bagi penulisnya. Dengan begitu akan merasa senang juga kalau bisa membantu orang lain bukan?

Coba saja kalau seorang guru menulis artikel pembelajaran, video tutorial, dan latihan-latihan soal. Dengan begitu siswa bisa mengakses dengan cepat, tanpa kendala tempat dan waktu.

Itulah beberapa manfaat apabila seorang guru mempunyai blog.

Jadi berbanggalah mereka yang bisa memanfaatkan tekhnologi sebagaimana mestinya. Gak ada salahnya bukan kalau seorang guru akan terlihat keren dan gaul karena dia juga seorang blogger?

Sekian dan terima nasib...

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI