21 Okt 2016

Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Sinetron Indonesia

Apakah masyarakat Indonesia adalah orang munafik. Banyak orang yang mengaku membenci sinetron. Padahal, tayangan sinetron sudah memenuhi seluruh jam tayang tivi Indonesia. Itu membuktikan kalau Sinetron Indonesia itu berkualitas dan berkuantitas.

Sinetron adalah hiburan yang paling populer di Indonesia saat ini. Setiap hari berbagai judul sinetron tayang di tivi. Ceritanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, kadang ada yang lebay juga, mungkin menjadi salah satu alasan kenapa Sinetron Indonesia masih digemari oleh masyarakat, terutama ibu-ibu.

Walaupun saat ini banyak drama asing yang mulai masuk Indonesia, sinetron tetap tak kalah kiprahnya. Masih banyak Sinetron Indonesia yang meraih rating tinggi. Kalau kita lihat kebelakang lagi, memang sudah dari dulu sinetron digemari.

Maka untuk menggambarkan perasaan yang sesungguhnya tentang Sinetron Indonesia, tanpa keraguan kalimat yang pas adalah artistik, unggul, dan original.

Alasannya kenapa?

Karena kekayaan nomor satu negara Indonesia saat ini ialah Sinetron. Bukan tambang emas kualitas terbaik di dunia, cadangan gas alam terbesar di dunia, tambang batu bara terbesar di dunia, kesuburan tanah terbaik di dunia, lautan terluas di dunia, hutan tropis terbesar di dunia, bukan hartanya Dimas Kanjeng yang masuk dalam daftar orang terkaya nomor satu di dunia versi majalah Bobo.

Saat ini, seandainya kalian piknik ke luar negeri, dan kalian bertemu dengan masyarakat pribumi setempat kemudian kalian mengaku bahwa kalian adalah orang Indonesia, maka mereka akan langsung memuji sinetron Indonesia yang lebih hebat dibandingkan dengan karya-karya serial sineas luar negeri. Bahkan kalian akan mendapatkan acungan 2 jempol kaki dari mereka.

Sebenarnya bukan hal yang pantas kalau mau membandingkan hasil karya sineas luar negeri dengan hasil karya anak negeri sendiri, khususnya dalam hal sinetron. Tapi apa boleh buat memang inilah faktanya kalau jarak tivi series buatan luar negeri dengan sinetron dalam negeri memang terpaut jauh, bahkan alasannya sangat terlihat jelas karena dari segi kualitas baik akting, jalan cerita, efek dan penyampaian pesan moral yang ditampilkan sinetron lokal lebih baik dari pada tivi series luar negeri bagaikan bumi dan langit.

Jujur saja sinetron lokal seperti hiburan yang wajib ditonton. Karena benar-benar memberikan manfaat, baik dari sisi entertaining lebih-lebih pesan moral. Bagaimanapun juga, kita harus bangga dan mengacungkan jempol untuk Sinetron Indonesia, alasanya adalah :

Ide-Ide Gila Dalam Setiap Sinetronnya

Entah mendapatkan inspirasi darimana tapi sineas dalam negeri memang selalu bisa menemukan dan menampilkan ide-ide kreatif serta tema gila dalam setiap sinetronnya. Misalnya saja :

Cinta Fitri

Sinetron yang pernah tayang dengan 7 season besutan MD Entertainment ini menceritakan hubungan cinta antara Fitri (Shireen Sungkar) dan Farrel (Teuku Wisnu). Banyak yang berpendapat bahwa ketenaran Cinta Fitri tak hanya karena jalan ceritanya, tetapi juga karena pemberitaan-pemberitaan para pemerannya juga ikut mendongkrak kepopularitasan sinetron ini.

Tukang Bubur Naik Haji

Siapa sih yang tidak kenal dengan sinetron yang satu ini? Sinetron yang tayang dengan jumlah episode yang mencengangkan ini, sebanyak 1.374 episode, mendapat award khusus bersandingan dengan Korea dan Thailand di Festival Drama Kyoto 2014 lalu. Sinetron dengan tokoh utama Bang Haji Sulam ini tayang lebih dari 2 tahun dengan rating stabil di 10 besar.

Judul Yang Artistik

Judul bisa dikatakan “taruhan” bagi sineas dalam negeri. Karena itu, judul Sinetron Indonesia sangat menarik, eye catching, easy listening, tapi tidak norak. Sinetron-sinetron Indonesia judulnya sudah termasuk keren dan kuat. Kita bisa lihat dari beberap judul sinetron yaitu : Benci Jadi Cinta, Bayu Cinta Luna, dan Anak Jalanan. Judul yang bisa membuat banyak orang menjadi penasaran bukan.

Cerita Yang Kreatif Dan Menarik Untuk Diikuti

Cerita-cerita yang ada di setiap sinetron itu luar biasa memikat dan berbeda satu-sama lainnya. Hebat! Dari ratusan sinetron yang ada, ceritanya hampir tidak pernah sama. Ini adalah bukti kreatifitas luar biasa kalangan sinetron Indonesia.

Harapan dari sinetron yang di jual kepada penontonnya adalah bahwa sesulit apapun kehidupan yang dijalini tokoh utama, semua akan indah pada waktunya asal kita tetap menjadi orang yang baik.

Mereka seakan terus menonton sinetron karena ingin tahu bagaimana kehidupan tokoh utama berputar balik, walaupun lama dan digantung episode demi episode, selama judul sinetron itu masih ada, masih ada harapan untuk si tokoh utama untuk mendapatkan kebahagiaan pada akhirnya.

Teknik Sinematografi Yang Unggul

Sinematografi adalah sebuah teknik atau pengaturan yang dilakukan untuk merekam gambar bergerak. Teknik sinematografi sangatlah luas, dan tak terbatas dengan aturan apapun, selama teknik yang dilakukan tidak merugikan orang lain.

Betapa “unggulnya” teknik-teknik perfilman yang digunakan di sinetron-sinetron Indonesia. Dari pencahayaan yang bagus dan alami ditambah efek yang sangat spesial. Kita ambil contoh misalnya Anak Jalanan, di serial ini kita bisa melihat bagaimana sebuah tayangan tivi dibuat seperti film. Ada efek level dewa di sana plus ledakan-ledakan yang memang dibuat secara asli.



Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Sinetron Indonesia
Salah satu adegan dalam sinetron Anak Jalanan

Rumah produksi yang banyak menghasilkan sinetron hits selalu memakai kamera dengan kualitas gambar HD serta dengan angle yang menyeluruh. Mereka bisa mengambil satu adegan berulang-ulang demi mendapatkan hasil gambar yang baik.

Sederet alasan di atas memang menjadikan Sinetron Indonesia banyak digandrungi masyarakat. Mungkin itu alasan kenapa kita harus bangga dengan Sinetron Indonesia.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI