Aug 11, 2016

Operator yang Tak Pernah Dianggap

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Dapodik adalah suatu sistem pendataan dan pengelolaan data-data pendidikan yang bersifat mikro secara online dan real time. Terdapat tiga jenis data utama pendidikan yang dikelola pada sistem dapodik. Meliputi:
  1. Data Sekolah.
  2. Data Siswa.
  3. Data Guru/Karyawan.
Setiap sekolah pasti mempunyai Operator Dapodik dan Operator inilah yang bertanggung jawab penuh atas aplikasi Dapodik di sekolah masing-masing.

Operator sekolah merupakan pejuang data sehingga data bisa berkualitas, apalagi ada kebijakan kementerian bahwa Dapodik juga digunakan untuk perencanaan penerimaan dana BOS, pencairan aneka tunjangan (sertifikasi, fungsional, akademi dan daerah khusus), ujian nasional, pembuatan nomor induk nasional (NISN), pemetaan guru (Sim Rasio), program Indonesia Pintar, dan bantuan sarana prasarana. 

Pahlawan yang Tak Pernah Dianggap

Tanggung jawabnya sangatlah besar tapi sayang mereka masih banyak yang kurang di perhatikan. Mereka meperjuangkan nasib sekolah terutama para Guru yang sudah termasuk daftar Guru Bersertifikasi. Karena untuk mencairkan dana sertifikasi setiap Guru harus melengkapi data Dapodik.

Dari sinilah masalah muncul.

Kenapa dibilang masalah?

Pada saat pengentryan data para Operator mungkin sudah memberikan formulir dan peringatan kepada Guru untuk segera melengkapi data, tapi mereka tidak menghiraukan. Setelah tiba saat pencairan mereka banyak yang tidak terdaftar karena belum melengkapi data, dan sialnya mereka malah menyalahkan Operator yang dikira salah memasukkan data.

Akhirnya Operatorlah yang harus kerja keras segera melengkapi data mereka. Setelah data lengkap dan dana sertifikasi cair mereka langsung diam seribu bahasa melupakan Operator yang telah kerja keras untuk mereka. *Tamparan bagi sekolah yang nakal
Menurut saya Operator itu tugas yang sangat mulia, karena jika mereka sudah lama dan memahami betul dan dikerjakan secara tidak tergesa-gesa maka nilai pekerjaan mereka akan semakin dihargai, terutama jika PNS lancar mendapatkan jatah sertifikasi, artinya selama 1 tahun tidak ada kendala.

Keberhasilan dari tahap awal hingga akhir sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi tugas Operator, amanat yang telah diberikan telah terselesaikan dan sudah melaksanakan tanggung jawab serta kewajiban disana. Lepas dari masalah materi yang didapatkan, Operator sudah begitu banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru dimana mungkin tidak bisa dinikmati di tempat lain.

Dalam sebuah pekerjaan memang pertanyaan yang pantas di lontarkan adalah apa yang dapat kita berikan bukan apa yang akan kita dapatkan.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI