28 Nov 2015

Tips Menjadi Ketua Kelas

Secara harfiah kepemimpinan atau leadership berarti adalah sifat, kapasitas dan kemampuan seseorang dalam memimpin. Fungsi kepemimpinan dalam sebuah organisasi atau kelompok sangat penting karena fungsi kepemimpinan sebuah organisasi dapat mencapai tujuan melalui jalan dan cara yang benar. Di dalam kelas sendiri biasanya ada organisasi kelas yang terdiri dari Ketua Kelas, Wakil Kelas, Bendahara, Sekretaris, dan Anggota. Buat kamu yang pengen menjadi Ketua Kelas yang sukses ada baiknya kamu bisa membaca tips berikut agar kepemimpinan kamu nggak diremehin temen-temen sekelas.


Jadilah Ketua Kelas yang Amanah

Agak klise memang kedengerannya, tapi cobalah menjadi Ketua Kelas yang amanah. Karena kamu sudah diberikan tanggung jawab dan kepercayaan sama temen-temen kamu. Mereka semua memilih kamu bukan tanpa alasan, pasti mereka juga mempunyai harapan-harapan agar kamu bisa menjadi Ketua Kelas yang baik. Kamu sudah dipandang orang yang tepat untuk memimpin kelas dan bisa membawa perubahan posistif kondisi kelas yang lebih baik dari sekarang. Ingat... organisasi kelas semacam ini bisa melatih rasa demokrasi kamu lho...

Jadilah Panutan Temen-Temen

Ketua Kelas yang baik pastinya bisa menempatkan diri, harus sopan dengan semua Guru dan temen-temen. Kamu adalah figur seorang pemimipin, dan seorang pemimpin pasti akan mendapatkan sorotan lebih. Jangan sampai kamu merusak citra baik kamu, tapi kamu nggak perlu melakukan pencitraan juga. Gimana kamu bisa jadi Ketua Kelas yang baik kalau kelakuan kamu aja nggak banget di mata temen-temen kamu. Orang melakukan hal baik aja masih banyak diprotes, apalagi melakukan hal buruk. Jadilah contoh untuk temen-temen kamu, dari hal yang kecil aja. Buang sampah di tempat sampah, nggak pernah bolos sekolah, dan jangan pipis disembarang tempat.

Menjalin Komunikasi yang Baik Dengan Guru, Wali Kelas, dan Organisasi

Komunikasi kepada Guru, Wali Kelas, dan Organisasi sangatlah penting. Jangan menjadi pemimpin yang otoriter. Setiap ada masalah, mintalah pendapat Guru, Wali Kelas, dan Anggota Organisasi. Jangan sampai jalan sendiri dan langsung memberikan keputusan sepihak. Ada baiknya memusyawarahkan bersama setiap ada masalah, ini membuktikan rasa saling percaya antar Anggota Organisai. Jadi kesannya nggak berjalan sendiri-sendiri.

Adil Dalam Memberikan Hukuman

Saat ada temen yang melanggar aturan yang udah ada, kamu harus bersikap adil untuk memutuskan hukuman. Bukan karena temen baik kamu yang melanggar, dia bisa lolos dari hukuman. Atau saat kamu yang melanggar, kamu juga harus mau menerima konsekuensinya. Jangan mentang-mentang Ketua Kelas jadi kebal hukum.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI