1 Okt 2015

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober terkait erat peristiwa Gerakan 30 September 1965/Partai Komunis Indonesia (PKI) yang bagi bangsa Indonesia mungkin tidak akan dilupakan. Peristiwa itu menelan korban 10 jenderal, yaitu Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal TNI Anumerta Donald Isaac Pandjaitan, Brigadir Jenderal TNI Anumerta Katamso Darmokusumo, Letnan Jenderal TNI Anumerta Mas Tirtodarmo Haryono (MT Haryono), Letnan Jenderal TNU Anumerta Suprapto, Letnan Jenderal TNI Anumerta Siswondo Parman (S. Parman), Mayor Jenderal TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo, Kolonel Infanteri Anumerta R Sugiyono Mangunwiyoto, Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta Karel Satsuit Tubun (KS Tubun), dan Kapten Anumerta Pierre Tendean yang dibunuh oleh PKI.

Untuk memperingati dan mengenang jasa-jasa Pahlawan Revolusi diatas ada 3 hal yang bisa kamu lakukan.

Upacara Bendera

Kamu yang masih berstatus siswa sekolah, dihari itu sekolah-sekolah akan mengadakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan mengibarkan bendera setengah tiang.

Nonton Film Dokumenter

Kamu bisa nonton film dokumenter pengkhianatan G30S/PKI, mungkin kalau dulu semua stasiun tivi nasional akan menyiarkan film ini. Tapi nggak tahu kenapa sekarang malah nggak pernah ditayangkan lagi.

Mengunjungi Monumen Pancasila Sakti

Kamu bisa berwisata mengenang jasa-jasa Pahlawan Revolusi dengan mengunjungi komplek Monumen Pancasila Sakti. Nah… buat kamu yang ingin menyaksikan betapa kejamnya anggota PKI, datang saja ke Museum Monumen Pancasila Sakti.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI