5 Mar 2016

Cara Agar Murid Tidak Ramai Dalam Pembelajaran.

Cara Agar Murid Tidak Ramai Dalam Pembelajaran. Pasti semua Guru pernah mengalami kejadian yang cukup tidak mengenakkan saat kegiatan belajar mengajar. Mungkin salah satunya adalah akan ditemukan murid yang ramai sendiri. Ini mengindikasikan jika murid merasakan ketidak tertarikannya terhadap pelajaran. Dan ada hal yang lebih menarik lagi dari pada pelajaran tersebut.
Dengan begitu Guru harus mempunya strategi untuk menarik perhatian murid yang ramai tersebut. 


Bagaimana caranya?

Guru bisa memulainya dengan “masuk” ke dalam dunia mereka. Cari tahu apa yang mereka perbincangkan. Rasakan suasan hati murid, dan pancinglah murid untuk bergantian masuk ke dalam materi pembelajaran. Hubungkan apa yang mereka perbincangkan dengan pembelajaran. Giringlah mereka untuk mulai memperhatikan materi.

Jika murid kembali tidak fokus?

Berarti ada yang salah. Bisa dari metode yang tidak tepat, materi yang terlalu sulit, komunikasi yang monoton, atau karena tidak digunakannya media pembelajaran yang sesuai. Pada dasarnya murid selalu ingin tahu dengan hal-hal baru yang belum pernah mereka lihat dan rasakan. Cobalah mulai untuk mengajar dengan kreatif dan inovatif. Sehingga murid tidak merasa bosan.

Contohnya?

  1. Bisa menggunakan media alat peraga.
  2. Menggunakan media LCD Proyektor.
  3. Gaya atraktif dan sense of humor.
  4. Bukan hanya menyuruh tapi juga mempraktekkan.
Setiap guru pasti punya tips berbeda-beda untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran. Tapi tujuannya sama, menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan guru sendiri maupun siswanya.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI