Mar 3, 2014

Tips Menjadi OPS

Kalau mendengar kata OPS mungkin ada yang belum tahu dan bertanya-tanya, OPS itu apa? Apakah itu semacam perkumpulan sekte yang mengajarkan aliran sesat?

 
Tentu saja bukan. Untuk orang-orang yang bekerja di dunia pendidikan OPS tidak menjadi barang baru lagi buat mereka.
 
Operator Pendataan Sekolah atau disingkat OPS adalah orang yang bertugas menyiapkan segala data administrasi sekolah. Untuk sekolah tingkat dasar mau tidak mau tenaga pendidik yang mempunyai kemampuan komputer dan tahu tentang internet sudah pasti akan dilibatkan secara langsung oleh Kepala Sekolah masing-masing. Karena tidak semua sekolah dasar mempunyai tenaga tata usaha seperti di SMP atau SMA.
 
Menurut saya pribadi yang juga kebetulan menjadi OPS di sekolah dimana tempat saya mengabdi sekarang, OPS adalah kebanggaan tersendiri. Karena bisa dikatakan ini adalah totalitas saya di dunia pendidikan.

Sebagai OPS saya akan berbagi tips untuk teman-teman OPS lain, atau sekedar berbagi pengalaman untuk teman-teman yang awam dengan OPS.

Berikut ini adalah tips menjadi OPS :

Paham Komputer dan Internet

Hendaknya Kepala Sekolah memilih OPS yang tepat, karena pekerjaan OPS tidak akan lepas dengan komputer dan internet. Bahkan tiap waktu mata dan tangan OPS selalu berpandangan mesra sambil ngelus tombol keyboard komputer.
 
Bohong besar kalau ada OPS yang ngaku jomblo, karena setiap hari tangan OPS selalu menggandeng laptop. Dan bohong besar kalau OPS ngaku baru punya satu istri/suami karena saya yakin istri/suami ke-2 OPS adalah laptop.

Teliti
 
Ketelitian sangat dibutuhkan OPS, karena data yang akan dikerjakan tidak main-main. Bayangkan saja dari data siswa, data sekolah, data pendidik dan tenaga pendidikan harus benar-benar valid.
 
Bila tidak teliti dalam mengerjakannya bisa dipastikan data tidak akan valid. Padahal semua data tersebut sangat dibutuhkan untuk :
Bantuan Operasiaonal Sekolah (BOS)
Rehabilitasi ruang kelas
Dana Alokasi Kusus (DAK)
Susidi bagi siwa yang tidak mampu
Bantuan buku sumber belajar
Tunjangan bagi guru, dll
 
Para OPS sadar data tersebut sangatlah penting dan harus valid, sedikit kesalahan sangatlah fatal akibatnya.

Komunikasi


Segera berkomunikasi antar OPS bila ada kendala atau kesalahan dalam mengerjakan data, dan membuka diri untuk orang lain. Karena kita bisa saling berbagi informasi terbaru, jangan sampai kita tertinggal jauh karena telat update informasi.


Tidak hanya komunikasi antar OPS saja, tapi komunikasi antar tenaga pendidik masing-masing sekolah juga sangatlah penting. Karena kita akan saling membutuhkan.

Ingatan
Tips Menjadi OPS

lupa password

Sepele, tapi menyakitkan. Kenapa menyakitkan? OPS akan selalu dituntut dengan ingatan yang bagus. Bagaimana OPS bisa mengerjakan data-data dan dikirim ke pusat secara online kalau lupa passwordnya sendiri.
 
Maka dari itu membuat password haruslah yang simple, dan mudah diingat. Contohnya nama mantan, itu pasti akan mudah banget untuk diingat. Jangan sekali-kali membuat password panjang dengan huruf elien, karena password itu cukup susah dalam pengetikannya. Seperti 4ku t4mp4n 5ek4li.
 
Tahun ini saja ada beberapa data yang harus dikirim online seperti laporan BOS online, DAPODIKDAS, dan BIOSYSTEM.

Ikhlas
 
Kata yang mudah diucap tapi susah dijalankan. OPS bukan robot, mereka semua adalah manusia normal. Kadangkala OPS juga merasa jenuh karena tidak adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi. Sudah saya jelaskan di atas bahwa OPS bekerja tidak mengenal waktu, saya sendiri masih banyak mendengar keluhan-keluhan para OPS yang tidak diperhatikan sekolah mereka.
 
Memang kebijakan sekolah tidaklah sama, semoga saja OPS tetap semangat mengemban tugas ini dengan ikhlas.

Karena majunya teknolgi ini, maka dunia pendidikan kita juga akan dituntut untuk gak ketinggalan. Dulu mengirim data harus manual tapi sekarang bisa kita lihat kemudahan-kemudahn yang bisa kita rasakan saat ini.
 
Itu tadi adalah beberapa tips menjadi OPS, semoga berguna dan bermanfaat untuk teman-teman semua.

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI

This Is The Oldest Page