8 Mar 2016

Jalan Sehat Bersama 1000 Kader Pajak

Minggu tanggal 6 Maret 2016 saya dan istri mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Jepara. Bertempat di alun-alun kota Jepara, acara jalan sehat di mulai jam 5.30 pagi. Dibuka langsung oleh Bupati Jepara Bapak Ahmad Marzuki. Event ini terselenggara dalam rangka menyadarkan masyarakat akan pentingnya patuh pajak. 


Saya dan istri mewakili SD kami masing-masing karena kebetulan kami masuk dalam anggota 1000 kader pajak Kabupaten Jepara. Kususnya pengetahuan tentang pajak yang kami dapatkan dari pertemuan sebelumnya di kantor KPP Pratama Jepara bisa di tularkan kepada teman-teman Guru dan lingkungan sekitar kami. 

Jikan dulu teman-teman Guru mengurus pembayaran pajak dengan repot-repot pergi ke kantor pajak, antri, dan lama. Sekarang semua hal tersebut tidak akan dirasakan kembali. Karena sekarang semuanya serba digital, setelah adanya e-Filing. Dengan e-Filing pembayaran pajak terasa mudah, cepat, dan aman. Kita bisa mengurus pajak di rumah sambil menikmati secangkir teh. Tidak perlu antri panjang untuk membayar pajak. Jadi tidak ada alasan lagi untuk teman-teman Guru untuk malas mengurus pajaknya. 

Sekedar informasi, e-Filing adalah salah satu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dapat dilakukan melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atauwebsite Penyalur SPT Elektronik. 

Untuk menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan menggunakan e-Filing, Wajib Pajak dapat:

mengunjungi website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) dan klik pada icon e-Filing atau langsung mengunjungi alamat efiling.pajak.go.id; atau mengunjungi halaman Penyalur SPT Elektronik yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak, yaitu: 

  1. http://www.pajakku.com
  2. http://www.laporpajak.com
  3. http://www.spt.co.id
  4. http://www.online-pajak.com

Wajib Pajak diharuskan memiliki e-FIN sebelum dapat menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan secara e-Filing. Untuk memperoleh e-FIN, bagi Wajib Pajak yang akan menyampaikan SPT secara e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak dapat mengajukan permohonan e-FIN ke KPP terdekat, sedangkan bagi bagi Wajib Pajak yang akan menyampaikan SPT secara e-Filing melalui ASP harus mengajukan permohonan e-FIN ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar. 

Acara jalan sehat pagi itu berjalan dengan lancar walaupun sempat diguyur rintikan gerimis. Tetapi tidak mengurangi rasa semangat peserta jalan sehat. Apalagi hadiah doorprize utama uang tabungan senilai Rp. 5.000.000,00 sudah menanti. Sepertinya rintikan gerimis juga tidak akan menjadi penghalang untuk semua peserta. Selain hadiah utama yang terbilang “wah” panitia juga menyiapkan hadiah lain seperti lemari es, LED TV, kipas angin, dan uang tunai untuk peserta paling heboh. 

Dari semua kegiatan pagi itu yang paling saya tunggu-tunggu adalah pengundian doorprizenya. Karena dari rekor pribadi saya saat mengikuti jalan sehat, sejak dari lahir sampai saya ditumbuhi bulu-bulu lembut di seluruh tubuh saya. Saya tidak pernah mendapatkan doorprize. Jadi malam sebelum acara jalan sehat, sebelum tidur saya berdo’a agar nomor doorprize saya keluar. 

Saya berharap mendapatkan hadiah utama, maklum darah gembel saya langsung bergairah saat melihat hadiah utama. Selain karena darah gembel, mungkin karena ada desakan ekonomi. Hahahahaha.... 

Saya jadi merasa semangat sekali, saking semangatnya peserta lain jalan dengan santai. Saya langsung jalan cepat sambil gandeng sekarung beras. Maksud saya istri saya. Yang biasanya istri saya kalau jalan pelan seperti siput, mendadak jalannya juga bisa cepat. Kelihatan banget kan dua gembel kalau terdesak ekonominya... 

Tapi takdir sepertinya berkehendak lain, saat pembawa acara membacakan nomor-nomor yang beruntung. Nomor kami tidak keluar. Hari itu rekor tidak pernah mendapatkan doorprize jalan sehat jadi bertambah lagi. 

Setelah selesai acara yang tersisa hanya capeknya saja. Tapi tenang, semangat patuh pajaknya masih tetap menggebu-gebu kok... 

Sekarang saya harus ngecek harta kekayaan untuk laporan pajak. Setelah saya pikir-pikir lagi, gembel mana yang punya harta kekayaan?

Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI