1 Sep 2014

Kumis Dan Jenggot, Atara Penting Nggak Penting

Hello!

Hari minggu kemarin harusnya menjadi kemerdekaan untuk saya, tetapi tetap saja saya nggak bisa menikmati hari libur sebagaimana mestinya. Saya harus menghadiri rapat Dapodik, dan di undangan itu tertulis rapat dimulai jam 7.30 pagi. Padahal selama tiga hari kemarin saya sudah habis-habisan menyelesaikan RPP satu sekolahan. Dari siang sampai malem Ano nggak berhenti ngeluarin kertas. Ano adalah nama peliharaan saya, jenis kelaminnya belum saya ketahui. Dia masuk dalam jenis mesin printer. Sebenarnya nama lengkapnya Canon ip1880, karena namanya terlalu panjang. Saya panggil dia Ano, biar kelihatan akrab.

Selama tiga hari saya membabi buta menindas Ano, walaupun dia terkadang ngerengek minta minum tinta karena sudah kehabisan tenaga.
Kalau saja Ano bisa marah, mungkin muka saya sudah penuh tinta karena dikencingi. Untungnya saat itu Ano tahu kalau tenaganya sangat saya butuhkan. Ini karena benar-benar tahu apa karena saya paksa untuk menindas dia. Semoga dosa-dosa saya dimaafkan Ano.
Semuanya minta serba cepat, pesanan RPP dari sekolah juga minta segera diselesaikan.

Memang terkadang saya diminta teman-teman satu kantor untuk membantu membuat administrasi, karena kebanyakan mereka adalah guru-guru senior yang nggak terlalu paham masalah komputer. Disekolah saya merasa kembali muda, karena saingan umur disini terlihat sangat timpang. Dilihat dari warna kumis dan rambut aja udah kelihatan siapa pemenangnya *ketawa setan.
Mau matiin komputer aja malah langsung pencet tombol power, dikiranya matiin TV.

Tiga hari lembur harusnya saya mendapatkan kemerdekaan, tapi sayang minggu aja tetep mesti rapat.
Jam 7.00 pagi kami berangkat. Ya... kami, saya dan istri. Inilah enaknya kerja disatu profesi dan satu lingkungan kerja yang sama. Sebelum menuju tempat rapat, kami mampir untuk sarapan. Istri saya nggak sempet masak pagi itu, dan saya nggak berani nanya kenapa sampai nggak sempet masak. Karena ini menjadi berkah tersendiri buat saya bisa makan enak diluar. Saya nggak bilang kalau masakan istri kalah enak sama masakan warung makan. Saya cuma bilang ini menjadi berkah *alesan.

Sambil menikmati sarapan pagi hari, kami ngobrol yang diselingi candaan. Tiba-tiba entah gimana ceritanya istri saya menanyakan pertanyaan yang menurut saya jadi penting nggak penting.

“Lihat bapak-bapak itu, kumis sama jenggotnya panjang sampai menutupi mulut. Kira-kira istrinya ngerasain apa ya kalau dicium” Istri saya memandang mesra bapak-bapak itu, seakan-akan memberitahukan saya agar mengalihkan pandangan untuk melihat bapak-bapak itu.

Dengan pertanyaan itu saya malah jadi kepikiran, dari dulu saya itu jenis manusia yang nggak punya kumis dan jenggot. Bayangkan saja, kumis yang saya punyai sekarang cuma tumbuh tipis. Jenggotpun kayaknya ogah-ogahan nongol. Sekalinya ada tumbuhnya jarang, kayak ada jarak. Kalau dilihat semacem ada kesenjangan sosial diantara jenggot-jenggotnya.
Pantesan aja kalau ada rapat di kantor temen-temen saya terlihat tua.
Entah itu karena kumis dan jenggot mereka apa karena emang udah tua.
Biarkan ini menjadi misteri.

Atau jangan-jangan istri saya cuma pengen ngeledeikin saya karena saya nggak punya kumis dan jenggot setebal bapak-bapak itu?
Lagi-lagi saya nggak berani menanyakan secara langsung kepada istri saya. Dia sudah berhasil memaksa saya memakai pelembab bibir, saya tidak mau dipaksa lagi untuk memelihara kumis dan jenggot panjang.

Obrolan kami saya tutup dengan membayar makan yang sudah masuk kedalam perut. Daripada akan menjadi obrolan yang pelik dan tidak ada ujungnya. Saya bergegas mengajak dia segera berangkat rapat.
Tiga hari yang melelahkan, ditambah satu hari yang mencengangkan pikiran saya. Didalam ruang rapat, masih saja saya memikirkan masalah kumis dan jenggot.


Fokus dengan kumis dan jenggot yang tumbuhnya ogah-ogahan.
Abaikan topi toganya.




Artikel Terkait

Saya suka nulis hal-hal yang dianggap gak PENTING, selain nulis di blog saya juga sibuk ngajar di Sekolah Dasar. Jadi kalau ada yang mau FOLLOW blog saya janganlah malu-malu, karena saya juga akan memberikan FOLLBACK.
Baca profil lengkap saya DI SINI